Upaya Guru Madrasah dalam Meningkatkan Pemahaman Tajwid Siswa Kelas IV B MI Jam’iyyatul Qurra Bontang
Keywords:
upaya guru, meningkatkan pemahaman tajwidAbstract
Madrasah Ibtidaiyah Jam’iyyatul Qurra Bontang memiliki berbagai program dan program unggulannya yaitu mengedepankan pembelajaran keagamaan salah satunya pembelajaran Al-Qur’an. Sesuai dengan visinya, menghantarkan peserta didik menjadi anak sholih-sholihah dan gemar membaca dan menghafal Al-Qur’an. Hal ini peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang bagaimana upaya guru madrasah dalam meningkatkan pemahaman tajwid kepada para siswanya. Adapun rumusan masalah yang peneliti gunakan ialah bagaimana guru madrasah dapat meningkatkan pemahaman tajwid siswa kelas IV B . Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru madrasah dalam meningkatkan pemahaman tajwid siswa kelas IV B MI Jam’iyyatul Qurra Bontang. Adapun jenis metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumen. Untuk sumber data primer melalui observasi dan wawancara dengan kepala madrasah, waka kurikulum, koord. kesiswaan, staf TU, serta guru wali kelas dan siswa kelas IV B. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh secara tidak langsung melalui media tertentu baik dari catatan atau dari pihak lain, berupa bukti catatan atau laporan yang telah tersusun dalam arsip. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dan kemudian di analisis melalui proses reduksi data, sajian data, dan verifikasi penarikan kesimpulan, upaya guru madrasah dalam meningkatkan pemahaman tajwid siswa dengan menggunakan strategi praktek langsung melalui Al-Qur’an dan buku tajwid. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan bacaan Al-Qur’an serta pemahaman tajwid siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Jam’iyyatu Qurra Bontang.
References
Abdullah Mujib Ismail, Maria Ulfa Nawawi, 1995, Pedoman Ilmu Tajwid, (Surabaya: penerbit, Karya Abditama).
Ali, Muhammad,2002, Guru dalam Proses,Pembelajaran, (Bandung: Sinar Baru Algesindo).
Abdurrahman Dayani, 2021, Yayasan MI Jam’iyyatul Qurra’ (Bontang: Kalimantan Timur).
Asep Iim Abdurrohim, 2003, Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap, (Bandung: CV Penerbit Diponegoro).
Aris Shoimin, Guru Berkarakter untuk Implementasi Pendidikan Karakter, Cet ke-8.
Abdul Mujib Ismail-Maria Ulfah Nawawi, 1995 Pedoman Ilmu Tajwid (Surabaya: Perpustakaan Nasional. Karya Aditama).
Abdurrahman Dayani,2021, Yayasan Jam’iyyatul Qurra’ (Bontang: Kalimantan Timur).
Ahmad Annuri,2011, Panduan Tahsian Tilawah Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar),Cet XY.
Ali.M, 2010, Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan (Bandung: Pustaka Cendikia Utama).
Abdurrahman Dayani, Staf Madrasah, 2022, Yayasan Jam’iyyatul Qurra’ (Bontang: Kalimantan Timur).
Fuadiy, M. Rizal, and Ahmad Fahrur Rizal. “Strategi Madrasah Tsanawiyah Sabilil Muttaqin Badas Kediri Dalam Mewujudkan Visi Dan Misi Madrasah.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (June 14, 2023): 281–97. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.84.
Fuadiy, M R, and N Nurlaili. “The Efforts of ’Pendidikan Agama Islam’Teachers in Classroom Management During Covid-19 Pandemic At Smpit Nurul Fikri ….” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8, no. 2 (2020): 36–46. https://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/edukasi/article/view/513.
Kementrian Agama RI. Al-Quran Dan Terjemahan Edisi Penyempurnaan Jus 01-10. Badan Litbang Dan Diklat Kementrian Agama RI. Vol. 01, 2019.
M. Asep Fathur Rozi, and Miftah Marwa Nabilah. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTsM) Bandung Muhammadiyah Boarding School (MBS 1) Tulungagung.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2023). https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.91.
Bambang Kesowo, 2003, UUD No 20 Tahun 2003, tentang sistem pendidikan Nasional (Jakarta, Sekertaris Negara Republik Indonesia).
Dahlan Salim Zarkasyi, 1998, Ilmu Tajwid Praktis, (Semarang, Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Mujawwibin).
Hasan Alwi, 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia(Jakarta: Balai Pustaka, Cet ke-4).
Irmayanti, 2021, Yayasan Jam’iyyatul Qurra’ (Bontang:Kalimantan Timur).
Jamil Suprihatiningrum, 2013, Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru (Jokjakarta: AR-Ruzz Media).
Lex J. Moleong, 2006, Metodologi Penitian Kualitatif, (Bandung Remaja Rosda Karya ).
Munawwir, 1997, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap (Surabaya Pustaka Proressif).
Margono, 2013, metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineke Cipta).
M.Isham Muflih al-Qudhat, 2020, Panduan Lengkap Belajar Ilmu Tajwid Otodidak, (Jakarta: PT, Rene Turos).
Novan Ardy Wiyani & Barnawi, 2012, Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, Cet 1).
Syekh Muhammad Ali Ash-Shabuni, (2001) Ikhtiar Ulumul Qur’an Praktis, (Jakarta: Pustaka Bumi)
Suharsini Arikuanto, 2002, prosedur Penelitian (Jakarta Riake Cipta). Sugiyono, 2020, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, (Bandung: penerbit, Alfabeta) hlm.2
Sugiono, 2018, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif (Bandung: Penerbit Alfabeta).
Tombak Alam, 2006, Ilmu Tajwid Populer 17 kali Pandai, (Surabaya: Bumi Aksara).
Utami Munandar, 1995, Kreativitas dan Kebakatan (Jakarta: Grasindo Pustaka Utama)
Zakiah Darajat, 2017, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta Bumi Aksara, cet.13
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Marwati, Ahmadi Husain (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain the copyright to their work while granting the journal the right of first publication. This means that the journal has the initial privilege of publishing the work, and concurrently, the authors license the work under a Creative Commons Attribution License.