Evaluasi Program Pendidikan dengan Model Goal Free Evaluation

Authors

  • Muh. Ihsan Universitas Islam Negeri Sutan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sugeng Universitas Islam Negeri Sutan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mhd Amin Hasibuan Sekolah Tinggi Agama Islam PERTINU Padangsidimpuan

Keywords:

evaluasi program pendidikan, model goal free evaluation

Abstract

Evaluasi program pendidikan adalah proses pemeriksaan terhadap pelaksanaan sebuah program pendidikan seperti, kebijakan, bahan-bahan kajian pendidikan, proses pelaksanaan pendidikan atau intervensi lainnya untuk menentukan relevansi, kecukupan, efektivitas, efisiensi, dan kemajuan program pendidikan untuk perbaikan. Tujuan penelitian berkaitan dengan evaluasi program pendidikan model goal free evaluation. Metode yang digunakan adalah telaah kepustakaan yang disertai dengan analisis data secara gamblang, komprehensif dan mendalam. Sedangkan pendekatan yang digunakan minimal dapat menunjukkan dua teori, yaitu pendekatan evaluasi program pendidikan dan penggunaan model goal free evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pendidikan dapat dilaksanan dengan menggunakan model goal free evaluation. Program-program pendidikan yang dibuat dan disusun sedemikian rupa dapat diketahui ketercapaian tujuannya apabila diikuti dengan evaluasi menggunakan model goal free evaluation. Hasil evaluasi tersebut, kemudian ditetapkan sebagai hasil dari ketercapaian tujuan dari pelaksanaan berbagai macam program pendidikan. Model evaluasi bebas tujuan atau Goal Free Evaluation (GFE) ini merupakan model evaluasi di mana evaluator melakukan evaluasi tanpa mengacu pada tujuan dan sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Bahwa evaluator harus memeriksa semua hasil yang relevan; selain itu, tujuan dan sasaran yang dinyatakan hanya mewakili sejumlah hasil potensial yang terbatas. Selanjutnya temuan dalam penelitian ini mencakup kelebihan dan kekurangan pada evaluasi bebas tujuan menjadi polemik penting dalam penentuan model evaluasi. Orisinalitas konsep evaluasi program pendidikan pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut dengan menggunakan model evaluasi bebas tujuan yang diterapkan secara accountable dan dapat dipertanggung jawabkan.

References

Aisyatur Rosyidah dan Wantini, “Tipologi Manusia Dalam Evaluasi Pendidikan: Perspektif Al-Qur’an Surat Fatir Ayat 32,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6 no .1 (2021): 5, diakses pada 20 September 2021, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6222.

A. Michael Dokrey & Nicola Milsom, Tinjauan Program Ketenagakerjaan Masyarakat Adat (Adelaide SA: NCVER, 2007), 11-12.

A Muri Yusuf, Assesmen Dan Evaluasi Pendidikan; Pilar Penyedia Informasi Dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2017), 12.

Agustanico Dwi Muryadi, “Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi,” Jurnal Ilmiah PENJAS 6, no. 1 (2017): 14, diakses pada 24 September 2021, http://ejournl.utp.ac.id/index.php/JIP/article/download/538/522.

Ananda, R., Rafida, T., & Wijaya, C. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan

Arifin, Evaluasi Program: Teori Dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan Dan Non-Kependidikan.

Arikunto dan Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004), 8

A. Rusdiana, Manajemen Evaluasi Program Pendidikan: Konsep, Prinsip, Dan Aplikasinya Di Sekolah/Madrasah (Bandung: Pustaka Setia, 2017), 22.

Chairul Anwar, Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer (Yogyakarta: IRCiSoD, 2017), 194.

Efendi, I., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2020). Evaluasi bebas tujuan: Implementasi dalam pelatihan kepewaraan siswa. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(2), 75-83.

Fuadiy, Moch. Rizal, Al Fauz, Moh. Ferisalma. “IMPLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA: STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL ISLAH TIUDAN KABUPATEN TULUNGAGUNG.” AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 5, no. 2 (2023): 340–52. https://doi.org/https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i2.953.

Fuadiy, M Rizal. “Evaluasi Pembelajaran Sebagai Sebuah Studi Literatur.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (December 1, 2021): 173–97. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.83.

Glatthorn, AA, Boschee, F., Whitehead, BM, & Boschee, BF (2019). Kurikulum Strategi Kepemimpinan untuk Pengembangan dan Implementasi Edisi Kelima, Seribu Ek: SAGE Publications, Inc. h. 504

Halima, RA, & Mustofa, TA (2022). Evaluasi Bebas Sasaran. Iseedu: Jurnal Pemikiran dan Praktik Pendidikan Islam, 6(2), 139-145.

Ida Farida, Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017), 9-10

Lexy J. Moloeng, (2001), Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Marni hajaroh, Model-Model Evaluasi Pendidikan Dasar (Scriven Model, Tyler Model, dan Goal Free Evaluation), Jurnal Pendidikan Riset dan Konseptual, Januari 2022, 6(1):36-49 DOI:10.28926/riset_konseptual.

M. Asep Fathur Rozi, and Miftah Marwa Nabilah. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTsM) Bandung Muhammadiyah Boarding School (MBS 1) Tulungagung.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2023). https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.91.

Mukhtar Latif dan Suryawahyuni Latief, Teori Manajemen Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2018)

Reyvan Maulid, 2021, Teknik Pengumpulan Data dengan Kajian Kepustakaan, (website: DQLab) https://www.dqlab.id/teknik-pengumpulan-data-sekunder-dengan-kajian-pustaka, diakses pada hari sensn tanggal 7 Pebruari 2024, jam 16.17 WitaRobert E. Stake, Mengevaluasi Program Pendidikan: Kebutuhan dan Tanggapan (Washington D.C: OECO Publications Center, 1976)

Rusdiana, Manajemen Evaluasi Program Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah.

Senta A. Raizen dan Peter H. Rossi, Evaluasi Program Pendidikan: Kapan? Bagaimana? UNTUK Apa yang Berakhir? (Washington D.C: National Academy Press, 1981), 15.

Siswanto dan Eli Susanti, “Evaluasi Program Pendidikan Islam,” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 no. 1 (2019): 68, diakses pada 2 Desember 2021, https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.817

Sudarwan Danim, (2002), Menjadi Peneliti Kualitatif, (Bandung: Pustaka Setia), hal. 51.

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, edisi ke-3 (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018),

Teni Aryanti, Supriyono, dan M Ishaq, “Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan,” Jurnal Pendidikan Nonformal 10 no .5 (2016): 2, diakes pada 18 november, 2021, DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v10i1p1%20-%2013.

Widodo, H. (2021). Evaluasi Pendidikan. PERS UAD.

Downloads

Published

25.04.2024

How to Cite

Muh. Ihsan, Sugeng, & Hasibuan, M. A. (2024). Evaluasi Program Pendidikan dengan Model Goal Free Evaluation. NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(1), 1–22. Retrieved from https://ejournal.stitsyambtg.ac.id/index.php/nabawi/article/view/66