Urgensi Akreditasi Perguruan Tinggi di Indonesia

Authors

  • Muh. Ihsan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syamsul Ma’arif Bontang
  • Muchammad Eka Mahmud Institusi 2Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Keywords:

Urgency, Accreditation, Higher Education, Indonesia

Abstract

Accreditation is the determination of quality standards and assessments of an educational institution (higher education) by parties outside independent institutions. Accreditation is also interpreted as a government effort to standardize and ensure the quality of university alumni so that the quality of graduates between universities is not too varied and according to work needs. This research aims to explore more broadly the meaning and urgency of higher education accreditation. The approach used in this study is a literature review. The data collected comes from various related documents such as journals, books and other related documents. The findings in this study are more oriented to the disclosure of the meaning and urgency of higher education accreditation. That the results of university accreditation are useful in providing official recognition to universities, which can increase the reputation and public trust in the institution. This is important in attracting prospective students, teachers, and partners. Then access to funding; The number of financial institutions and funding organizations requires universities to have accreditation as a condition for obtaining funding or grants. The implications of the research lie in the limitations of methodology and limited data around the urgency of university accreditation.

References

Akreditasi, A. (2024). BAB II Keterkaitan Penjaminan Mutu dengan Akreditasi. PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN TINGGI (Refleksi 20 tahun LARISPA Indonesia), 13.

Aristya, S., & Mahmud, ME (2023). Akreditasi Perguruan Tinggi Di Era Society 5.0: Tantangan dan Solusi. AL-MUTSLA, 5(2), 405-424.

Bahri, MS (2023). Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di masa merdeka belajar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871-2880.

Bhakti, YB, & Ridwan, A. (2022). Urgensi Sistem Penjaminan Mutu Internal & Eksternal Dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 244-253.

Febrianti, I., & Syukri, M. (2023). Peran Akreditasi dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Lembaga Pendidikan. JUMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 11-23.

Fitrah, A., & Juliardi, D. (2023). Dampak Belanja Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri, Rupiah Murni dan Penerimaan Pajak Bukan Terhadap Akreditasi Program Studi. Pemilik: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(4), 3220-3231.

Ghafur, AHS (2024). Manajemen Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi di Indonesia: Suatu Kebijakan Analisis. Bumi Aksara.

ITB, Kriteria Penilaian Akreditasi Perguruan Tinggi (website) link https://spm.itb.ac.id/spme/banpt/akreditasi-prodi/kriteria/ diakses pada hari rabu, tanggal 18 September 2024, pukul 9,29 PM.

Kurniawan, H., Galandy, F., Darmawan, A., Jamal, Z., & Safitri, E. (2024). Aplikasi Berbasis Web Dalam Pengelolaan Dokumen Laporan Evaluasi Diri Berbasis Akreditasi 9 Kriteria. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 16(1), 21-34.

LAMDIN, 2024, Lemabaga Akreditasi Mandiri Kependidikan, (Website Resmi) link https://lamdik.or.id/ diakses pada hari Selasa, 17 September 2024 pukul 9.12. AM.

Limbong, AM, & Asbari, M. (2024). Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi. Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen (JISMA), 3(1), 101-105.

Masjhur, K., & Ahmad, M. (2024). Manfaat Akreditasi dan TQM Sebagai Alat Penjamin Mutu di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Teknologi, 7(2), 213-221.

Mulyoto, M., Rosyidi, U., & Rugayah, R. MUTU PERGURUAN TINGGI: PERSPEKTIF PERINGKAT UNIVERSITAS GLOBAL DAN AKREDITASI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA. Manajemen Pendidikan, 18(1), 26-41.

P4M, Akreditasi, Pusat Penjaminan Mutu Politeknik Batam, (website) link https://pm.polibatam.ac.id/akreditasi-2/ diakses pada ahri Rabu, 18 September 2024, 9.02 PM.

Lamdik, KEPENDIDIKAN, D.M.L. PERATURAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI KEPENDIDIKAN NOMOR 29 TAHUN 2023 TENTANG INSTRUMEN AKREDITASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JARAK JAUH UNIVERSITAS TERBUKA PADA PROGRAM SARJANA.

Lamdik, (2019) Welcome to LAM, (website resmi) link https://v1.lamdik.or.id/125-2/ diakses pada hari Rabu, tanggal 18 September 2024 pukul 9.57 PM

Rahardiyanto, P. (2020). PERANCANGAN DATA WAREHOUSE AKADEMIK STMIK YADIKA BANGIL UNTUK PELAPORAN KINERJA PERGURUAN TINGGI. SPIRIT, 12(2). DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v12i2.177

Riansyah, M., & Aliyyah, R.R. (2024). Akreditasi: Persepsi Mahasiswa Tentang Penjaminan Mutu. Karimah Tauhid, 3(2), 2583-2593.

Ridwan, M., Suhar, A.M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan tinjauan literatur pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. DOI: 10.36339/jmas.v2i1.427

Rismawati, R., & Supriadi, S. (2024). Strategi Percepatan Penjaminan Mutu: Penguatan Melalui Akreditasi Perguruan Tinggi. INVENTARISASI: JURNAL AKUNTANSI, 8(1), 52-61.

Seprila Mayang, (2022), Tahapan Re-Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, Sevima,

Sianturi, L., Hutauruk, S., Sigiro, M., Siallagan, H., & Simanjuntak, J. (2023). Program kemahasiswaan dalam mencerminkan indikator kinerja utama (iku) perguruan tinggi–best practice. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 32-42.

Solihati, A.T., Aulia, N.R., & Sugianto, S. (2024). PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH: GEMILANGNYA PERJALANAN SPIRITUAL DAN SOSIAL UMAT. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah, 4(3), 91-100.

Snyder, H. (2023). Designing literature reviews for strong contributions, Journal of Decision Systems (March 31). DOI: 10.1080/12460125.2023.2197704 Snyder, H., Witell, L., Gustafsson, A., Fombelle, P., & Kristensson, P. (2016). Identifying service innovation categories: A review and synthesis of the literature. Journal of Business Research, 69, 2401–2408. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.01.009

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konsep dan aplikasi praktis. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304-318. DOI: https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113

Suharyanti, Y., Rudwiarti, L.A., Vitasurya, V.R., & Bharata, B.S. (2024). Pendampingan Pengembangan SPMI Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Akreditasi Program Studi. Jurnal Atma Inovasia, 4(4), 177-182.

Sulaiman, A., & Khoiri, Q. (2023). Analisis Kebijakan Islam Pada Pendidikan Tinggi, Sertifikasi Guru Dan Dosen (Dampak UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bagi Madrasah Guru). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5594-5601.

Sulaiman, A., Nurdin, H., & Zulyadi, T. (2021). Studi Program Komunikasi Peningkatan Akreditasi. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(1), 61-76.

Sunoko, Ahmad. “Model Pengembangan Kurikulum KKNI Pada PTKIS Berbasis Pesantren (Studi Kasus Implementasi Kurikulum KKNI Di STAI Al-Anwar Sarang Rembang,” 2022. http://repository.iainkudus.ac.id/9232/.

Sutriani, S., Chalirafi, C., Hamdiah, H., & Jumadiah, J. (2024). Peranan Pengelolaan Arsip Sebagai Pendukung Dalam Kegiatan Akreditasi di Dunia Pendidikan. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(6).

Thalib, N., & Haris, U. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Di Kabupaten Merauke (Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Jurnal Administrasi Karya Dharma, 2(1), 76-84.

Wahyuningrum, S.R. (2024). Tridarma Perguruan Tinggi (Teori dan Praktik).

Wikivedia, (2024) Badan Akreditasi Perguruan Tinggi, (Website), link https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Akreditasi_Nasional_Perguruan_Tinggi diakses pada hari Rabu, 18 September 2024 pukul 9.08 PM

Wardoyo, TH (2024). BAB 9 PROGRAM EVALUASI DAN AKREDITASI MBKM. Revolusi Pendidikan: Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), 124.

Zulaikah, Y., Qomar, M., & Aziz, A. (2024). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Di Indonesia Menuju Perguruan Tinggi Unggul. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 26-44.

Downloads

Published

27.01.2025

How to Cite

Ihsan, M., & Mahmud, M. E. (2025). Urgensi Akreditasi Perguruan Tinggi di Indonesia. NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 213–229. Retrieved from https://ejournal.stitsyambtg.ac.id/index.php/nabawi/article/view/119

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>