Dampak Suasana Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Era Digital Siswa Kelas XI SMK Cendikia Bontang Tahun Pelajaran 2023/2024
Keywords:
school environment, learning motivation, school environment impact, student learning outcomesAbstract
The school environment refers to the control of social dynamics or educational arrangements; a positive school environment is essential for motivating students to learn. With this in mind, a study was conducted to analyze the impact of the school environment on students' learning motivation. The research was carried out at SMK Cendikia Bontang, with the subjects being 11th-grade students. Using a qualitative research method, data were collected through observation, interviews, and documentation. The findings indicate that the school environment significantly influences the improvement of learning motivation, particularly in the current digital era. The results show a significant positive change in the learning motivation of 11th-grade students at SMK Cendikia Bontang due to the positive changes in the school environment. The increase in students' motivation to learn Islamic Religious Education (PAI) in the digital era can be seen through the comparison of learning outcomes before and after the study was conducted. Based on these findings, the school environment greatly impacts the learning motivation of 11th-grade students at SMK Cendikia Bontang. The better the school environment, the higher the students' learning motivation, and vice versa.
References
Alia Tesa “Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital”, (Jakarta, Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pendidikan Polyglot,2018)http://repository.syekhnurjati.ac.id/5828/2/23.%20AMANULLAH-22-37.pdf (Diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 22. 30)
Amiruddin Siahaan, "Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan.", jakarta: Journal On Education 2020 https://kumparan.com/berita-terkini/arti-dan-sinonim-meningkatkan-menurut-kbbi-1zgFiW9TZPq (Diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 19.30 wita)
Anne “Arti Sinonim Meningkatkan Menurut KBBI” Jakarta: Berita Terkini, 2023) https://kumparan.com/berita-terkini/arti-dan-sinonim-meningkatkan-menurut-kbbi- 1zgFiW9TZPq (Diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 19.30 wita)
Devi Setya, Q.S. Ar-Ra’d “Jelaskan Nasib Suatu Kaum Ditentukan Oleh Mereka Sendiri”, (Jakarta: 11 Januari 2023) https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6510153/surat-ar-rad-ayat-11-jelaskan-nasib-suatu-kaum-ditentukan-oleh-mereka-sendiri (Diakses pada tanggal 18 Mei 2024 pukul 12.00 wita).
Faruq, M Shoffa Al, M Asep Rozi, and Ahmad Sunoko. “Implementation of the Juran Trilogy in Improving the Quality of Islamic Higher Education.” Al-Hayat: Journal of Islamic Education 7, no. 2 (2023): 668–80. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i1.420.
Fuadiy, M Rizal. “Evaluasi Pembelajaran Sebagai Sebuah Studi Literatur.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (December 1, 2021): 173–97. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.83.
Husnul Abdi “Pengertian Analisis Menurut Para Ahli, Kenali Fungsi, Tujuan dan Jenisnya”,Jakarta:Liputan6.com, 29 Mei 2021) https://www.liputan6.com/hot/read/4569178/pengertian-analisis-menurut-para-ahli-kenali-fungsi-tujuan-dan-jenisnya?page=7 (Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 11.30 wita)
Ilahi Afdhal, "Pengertian Ilmu Pendidikan Secara Etimologi dan Terminologi Terlengkap"https://www.afdhalilahi.com/2017/12/pengertian-ilmu-pendidikan-secara.html (diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 22.10)
Ilhan Gunbayi “Suasana Sekolah dan Persepsi Guru tentang Faktor Iklim”, Jakarta: Jurnal Edukasi teknologi, 2017) http://repository.radenintan.ac.id/1322/3/BAB_II.pdf (Diakses pada tanggal 18 Mei pukul 10.00)
Iman Firmansyah Mokh, "Pengertian, Tujuan Dasar dan Fungsi Pendidikan Agama Islam" Jurnal Ta'lim, Vol.7 No.2, (Universitas Pendidikan Indonesia, 2019) hlm. 82-83 https://www.afdhalilahi.com/2017/12/pengertian-ilmu-pendidikan-secara.html (Diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 22.15)
Layantara, N. H., & Th, M. (2023). Pastoral Konseling Keluarga-Berdasarkan Kolose 3: 18-21. Penerbit Andi. https://kumparan.com/berita-terkini/arti-dan-sinonim-meningkatkan-menurut-kbbi-1zgFiW9TZPq (diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 22.10)
Naili Sa’ida dan Gusmaniarti, S. Pd, Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. UMSurabaya Publishing 2020 http://repository.syekhnurjati.ac.id/5828/2/23.%20AMANULLAH-22-37.pdf (diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 22.10)
Muhammad Yusuf “Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli”, Makassar: Sekolah Tinggi Agama Islam, 2021), hal 2-3. https://osf.io/preprints/osf/5scqb(Diakses pada tanggal 17 Mei 2024, pukul 10.35)
Pramusinta, Yulia, and Silviana Nur Faizah. Belajar dan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar.2022. http://repository.syekhnurjati.ac.id/5828/2/23.%20AMANULLAH-22-37.pdf
(Diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 21-00 wita)
Pretorius, Stephanus dan Villiers, Elsabe de “Pendidik Persepsi Iklim Sekolah dan Kesehatan disekolah dasar terpilih”, (jakarta: Jurnal Edukasi 2009) hal. 33 http://repository.radenintan.ac.id/1322/3/BAB_II.pdf (Diakses pada tanggal 18 Mei pukul 10.30)
Ridwan, Kompri dan sardiman “Kajian Teori Pengertian Motivasi Belajar”, Jakarta 2021https://repository.unja.ac.id/43617/4/BAB%20%20II%20KAJIAN%20TEORI.pdf (Diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 21-00 wita)
Rodiyana, N., Pamungkas, I. B., & Praditya, A. (2024). PENDAMPINGAN PELATIHAN SDM YANG BERDAYA SAING DI ERA DIGITAL . Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2020 http://repository.syekhnurjati.ac.id/5828/2/23.%20AMANULLAH-22-37.pdf (Diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 22.15 wita)
Suharno dan Retnoningsih “Kamus Besar Bahasa Indonesia”,Semarang: Widya Karya, hal. 243 http://eprints.radenfatah.ac.id/4139/3/BAB%20II.pdf (Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 pukul 12.00 wita).
Suharno dan Retnoningsih “Dampak Pernikahan Dini di Desa Margamulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rakan Hulu”, https://repository.uin-suska.ac.id/16638/7/7.%20BAB%20II_2018375BPI.pdf . (Diakses pada tanggal 18 Mei 2024 pukul 08.30 wita).
Wenda, Yowenus. MEDIA PEMBELAJARAN PAK Untuk SEKOLAH MINGGU. EDU 2023 https://repository.unja.ac.id/43617/4/BAB%20%20II%20KAJIAN%20TEORI.pdf (diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 23.10).
Yani, Ahmad. “Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi”, jakarta2020https://repository.unja.ac.id/43617/4/BAB%20%20II%20KAJIAN%20TEORI.pdf (Diakses pada tanggal 19 Mei 2024 pukul 21-00 wita).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Satriani Satriani, Muhammad Aslam (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain the copyright to their work while granting the journal the right of first publication. This means that the journal has the initial privilege of publishing the work, and concurrently, the authors license the work under a Creative Commons Attribution License.






