Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pola Pikir Orang Tua Terhadap Pola Pengasuhan Anak
Keywords:
pendidikan, pola pikir, pola asuh, orang tua, anakAbstract
Penelitian ini berfokus pada hubungan antara tingkat pendidikan dan pola pikir orang tua dalam konteks pola pengasuhan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk memahami hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dan cara mereka memandang serta mendidik anak-anak. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua memiliki dampak yang signifikan terhadap cara mereka memandang dunia dan nilai-nilai yang membentuk pola pengasuhan. Hal ini menegaskan bahwa pendidikan memainkan peran penting dalam membimbing anak-anak menjadi individu yang lebih mandiri dan berdaya. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana tingkat pendidikan memengaruhi pola pikir orang tua, yang kemudian mempengaruhi pola pengasuhan yang mereka terapkan.
References
Andhika, M. R. (2021). PERAN ORANG TUA SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466
Ardiansyah, M. (2020). Kontribusi Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan, dan Kecerdasan Logis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2), 185. https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8578
Diananda, A. (2021). Proceedings of The 5 th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education Pola Asuh Suku Jawa: Dahulu Dan Sekarang Serta Pengaruhnya Terhadap Pola Pikir Dan Perilaku Anak. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/index
Fuadiy, M. Rizal, and Ahmad Fahrur Rizal. “Strategi Madrasah Tsanawiyah Sabilil Muttaqin Badas Kediri Dalam Mewujudkan Visi Dan Misi Madrasah.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (June 14, 2023): 281–97. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.84.
Rozi, M. Asep Fathur. “Strategi Memperkokoh Jantung Pendidikan Islam.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (June 1, 2017). https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.161-180.
Handayani, P. A., & Lestari, T. (t.t.). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Moral dan Pola Pikir Anak.
Humairah Br Ginting, A., Pgmi, I., & UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, F. (t.t.). POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK CERDAS DAN ANAK GIFTED. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad
Ismail, L. (2018). Postkrit: Journal Sociology of Education PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP POLA ASUH ANAK PADA MASYARAKAT LIUKANG KALMAS KABUPATEN PANGKEP. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/postkrit/index
Kodrat, D. (2019). URGENSI PERUBAHAN POLA PIKIR DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN BERMUTU. Jurnal Kajian Peradaban Islam OPEN ACCESS JKPIs, 2(1), 1–6. www.jkpis.com
Miyati, D. S., Elok, U., Rasamani, E., & Fitrianingtyas, A. (2021). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP POLA ASUH ANAK (Vol. 9, Nomor 3). https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Psikologi, J. (2013). 35 EPJ 2 (1) (2013) Educational Psychology Journal LATAR BELAKANG RENDAHNYA KESADARAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PEREMPUAN Muamaroh Info Artikel ________________ Sejarah Artikel: Diterima Agustus 2013 Disetujui September 2013 Dipublikasikan Oktober 2013. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj
Salsabila, S., Dewi Noviyanti, R., Pertiwi, D., Kusudaryati, D., & Abstrak, K. K. (t.t.). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu dan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Stunting pada Balita Usia 12-36 Bulan di Wilayah Puskesmas Sangkrah The Correlation Between Maternal Education Level and Parentings with The Stunting in Toddlers Aged 12-36 Months in The Sangkrah Public Health Center Area.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Rika Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain the copyright to their work while granting the journal the right of first publication. This means that the journal has the initial privilege of publishing the work, and concurrently, the authors license the work under a Creative Commons Attribution License.